Blog

Kenali ciri ciri jamur kuku

By Fatimah on June 18, 2020 0 Comments

Jamur kuku adalah infeksi jamur yang terjadi pada kuku tangan maupun kuku kaki . keadaan yang juga dikenal dengan nama tinea unguium atau onkomikosis adalah nama nama lain dari jamur kuku . jamur kuku ini dapat dialami oleh siapapun terutama lansia dan pada umumnya jamur kuku bukanlah kondisi yang berbahaya . pada awal kemunculan jamur kuku sering ditandai dengan bintik putih atau kuning pada ujung kuku , lama kelamaan kuku kaan berubah warna , menebak dan ujungnya menjadi rapuh . dialnsir alodokter selain karena faktor usia , ada beberapa faktor lain yang dapat meningkatkan resiko seseorang terkena jamur kuku , Yaitu : mengeluarkan keringat banyak , menderita kutu air , mengalami psoriasis karena sering mengalami luka ada kulit di sekitar kuku , sering berjalan tanpa alas kaki ditempat yang lembab dan penuh kerumumanan orang misalnya dikamar mandi umum atau area sekitar kolam renang , memiliki pekerjaan atau hobi yang sering bersentuhan dengan air , sistem kekebalan tubuh yang lemah misalnya pada penderita HIVatau AIDS atau diabetes dan sirkulasi darah yang buruk misalnya pada penyakit arteri perifer . jamur kuku atau tinea unguium dapat menyerang kuku tangan , namun keadaan ini akan sering muncul pada kuku kaki .dilansir oleh alodokter beberapa kelainan pada kuku dibawah ini menandakan adanya jamur kuku , seperti :

  • Timbul bau yang tidak sedap terhadap kuku
  • Kuku berubah menjadi kasar dan rapuh
  • Kuku terpisah dengan kulit jari tempatnya menempel
  • Munculnya bintik bintik putih pada kuku
  • Kuku menjadi menebal
  • Dan kuku terpisah dengan kulit jari tempatnya menempel
READ  Tips Jitu Agar Kulit Selalu Sehat

Bila timbul kelainan pada kuku seperti yang sudah seibutkan diatas anda harus segera konsultasikan dokter kulit agar segera mendapatkan pengobatan , karena jika dibiarkan jamur kuku ini dapat menyebabkan parah dan akan menimbulkan kerusakan permanen pada kuku . kerussakan ini dapat menyebabkan infeksi serius yang bisa menyebar kekulit kaki atau tangan yang disebut selilitis , terutama jika penderitanya memiliki daya tahan tubuh yang melemah , contohnya saja akibat menggunakan obat obatan imunosupresan dan diabetes . ini harus segera dilakukan pengobatan . pengobatan jamur kuku mmbutuhkan waktu yang lumayan lama untuk berobat . selama pengobatan , pasien perlu terus mengontrol untuk mengetahui perkembangan penyakit dan mengevaluasi pengobatan jamur kuku ini . biasanya jika kelainan kuku yang muncul karena dokter akan melakukan pemeriksaan kuku untuk tentunya mendiangnosis jamur kuku. Dan dokter juga akan melakukanpemeriksaan pennjang kerokan kuku untuk memastikan diagnosisnya tersebut . lalu sampe kerokan kuku tersebut akan dibawa ke laboratorium untuk diteliti lebih lanjut .

READ  Bahaya gejala dari jantung berdebar

Dalam pencegahan kembalinya infeksi jamur kuku , ada beberapa langkah dibawah ini dilansir dari alodokter , yaitu :

  • Memilih salon kuku yang menggunakan alat manikur yang sudah disterilisasi
  • Menghindari menggunakan kuteks atau kuku palsu
  • Menghindari telanjang kaki diruang public seperti ruang ganti umum , atau area kolam renang
  • Menggunakan kaos kaki yang sudah menyerap keringat dang anti kaus kaki setiap hari
  • Membuang sepatu yang sudah usang serta taburkan desinfektan atau bubuk antijamur ke sepatu yang sudah lama tidak pakai
  • Menghindari berbagai penggunaan barang pribadi seperti handung , sepatu atau gunting kuku dengan orang lain .

Comments are closed.