Blog

Yuk waspadai gejala umum jantung berdebar

By Fatimah on July 6, 2020 0 Comments

Penyakit jantung berdebar akan merasakan jantungnya berdetak kuat , cepat dan tidak beraturan dan gejala yang dapat dirasakan ketika penderita sedang beraktivitas atau sedang dalam beristirahat . selain terasa di dada gejala ini akan merasakan di tenggorokan . keadaan ini memang biasanya terjadi hanya dalam hitungan beberapa detik atau beberapa menit . meski umumnya tidak berbahaya disarankan untuk segera mencari pertolongan medis jika jantung berdebar yang dialami disertai gejala dibawah ini , karena bisa jadi merupakan kondisi yang serius , dilansir dari aldodokter gejala umum jantung berdebar :

  • Tubuh menjadi lemah
  • Keringat yang berlebih
  • Pusing yang sangat hebat
  • Menjadi pingsan
  • Dada sakit dan terasa seperti ditekan
  • Denyut nadi saat sudah beristirahat tetap lebih dari 100 denyut per menit
  • Timbul sesak napas
  • Mengalami nyeri dilengan , leher , rahang dan punggung
READ  Cara Ampuh Merawat Kecantikan Secara Alami

Inilah penyakit jantung berdebar tanpa dirasakan jantung anda berdetak tiap saat . namun , pernahkah kamu tiba tiba merasakan jantung anda berdebar kencang . hatihati dengan situasi ini tergolong umum ini juga bisa menjadi gejala penyakit serius . memang pada keadaan tertentu jantung berdebar dapat menjadi tanda penyakit jantung bahkan secara umum jantung berdebar tidaklah berbahay dan hanya terjadi sesekali karena suatu sebab . jantung berdebar atau palpitasi adalah sensasi ketika jantung anda terasa berdegup dengan kencang .

Dilansir alodokter , Adapun pemicu atau gejala yang dapat menyebabkan jantung berdebar seperti :

  • Mengonsumsi obat obatan

Obat obatan yang menyebabkan jantung berdebar biasanya seperti obat bronkodilator untuk asma , antihistamin , obat menangani gangguan tiroid dan obat batuk yang mengandung stimulant pseudoephedrine . kadang kala ketika mengonsumsi obat obatan seperti diatas dapat menyebabkan jantung berdebar atau beberapa jenis antibiotik dan obat tekanan darah tinggi .

  • Perubahan hormon pada wnaita
READ  Bahaya gejala dari jantung berdebar

Perubahan hormone juga termasuk ke dalam hal pemicu jantung berebar ini biasanya terjadi pada wanita saat kehamilan , menstruasi serta menopause dan menyebabkan jantug berdebar serta pada umumnya tidak berbahaya bahkan hanya bersifat sementara .

  • Serangan panic

Serangan panic ini sangat umum di masyarakat penyebab jantung berdebar , serangan panic membuat kita akan merasakan jantung sangat berdebar diiringi perasaan cemas yang luar biasa , stress , takut , mual dan gemetas bahkan disini terkadang juga disertai keringat dingin .

  • Gaya hidup

Memang benar menerapkan pola hidup sehat sangat penting bagi kesehatan dan dapat mencegah segala penyakit , ketika anda sedang merasa cemas , sangat gembira , berolahraga intensif atau dalam situasi terburu buru , hormone adrenalin kita akan melepas dari tubh dikarenakan timbulnya jantung berdebar . makanan pedas dan berbumbu , merokok , mengonsumsi minuman keras , minuman berkafein adalah semua kesukaan atau kebiasaan yang juga dapat menyebabkan jantung berdebar .

  • Kondisi kesehatan
READ  Kenali ciri ciri jamur kuku

Kondisi kesehatan yang dimaksud seperti anemia , gangguan elektrolit , gangguan pada jantung dan gangguan irama jantung atau aritmia serta kelainan katup jantung , dehidrasi , kadar gula darah yang rendah , kelenjar tiroid yang terlalu aktif atau disebut hipertirodisme , tekanan darah tinggi atau hipotensi ortostatik dan demam adalah keadaan keadaan kesehatan yang dapat menyebabkan jantung berdebar debar sangat terasa kencang .

 

Sumbergambar sehatq.com

 

Comments are closed.